Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Wednesday 11 July 2018

Contoh Kegiatan Literasi yang dapat dilakukan di Sekolah Dasar

Contoh Kegiatan Literasi yang dapat dilakukan di Sekolah Dasar

Hai Sobat SD Nusa
Bapak/Ibu Guru serta teman-teman Guru muda
Berjumpa lagi dengan saya di website SD Nusa Media Informasi Pendidikan Sekolah Dasar
Nah, pada perjumpaan kali ini akan saya bagikan beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan atau diprogramkan pada lingkungan sekolah. Apa saja itu, simak tulisan berikut:

Baca tulisan kami sebelumnya tentang Strategi Literasi dalam Pembelajaran
Kegiatan Literasi Sekolah

1. Siswa Membaca Buku di Pojok Maca Kelas Selama 15 menit sebelum Pelajaran Awal dimulai
Membaca buku
Kegiatan membaca selama 15 menit di Pojok Baca kelas bisa dilakukan sebelum kegiatan pembelajaran. Dapat diprogramkan menjadi kegiatan Pra-Pembelajaran. Setiap hari siswa dapat membaca hal-hal baru dengan buku yang selalu berbeda, jadi sirkulasi buku pada pojok baca harus terus dilakukan setiap minggunya buku dapat diganti agar siswa tidak bosan dan selalu mendapat bacaan yang segar. Buku yang ditempatkan pada pojok baca bisa dari berbagai jenis buku, akan lebih baik jika sesuai dengan tema pada kegiatan pembelajaran hari itu.


2. Siswa Membaca di Perpustakaan
Kegiatan Siswa membaca buku di perpustakaan

Perpustakaan sebagai pusat membaca di sekolah harus dikelola dengan baik. Syarat minimum Perpustakaan yang baik adalah adanya petugas dan gedung yang cukup menampung buku bacaan. Perpustakaan tanpa petugas pustakawan maka sulit untuk membuat kegiatan di perpustakaan ramai. Sekolah perlu melihat bahwa perpustakaan juga bagian penting dari sekolah yang harus ada.

3. Siswa Mendengarkan Dongeng di Perpustakaan
Mendengarkan dongeng dari guru

Guru Sekolah Dasar akan menjadi sosok yang dicintai muridnya apabila mampu menampilan sosok figur guru yang menyenangkan. Berbagai hal dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan masing-masing pribadi seorang guru, mendongeng adalah salah satunya. Dongeng adalah dunia yang begitu dekat dengan anak-anak. Hampir tidak ada anak yang tidak suka mendongeng ataupun menyaksikan sebuah dongeng. Dongeng akan lebih hidup apabila diperankan, karena jika hanya dibaca mungkin sebagian anak akan merasa bosan. Walaupun dongeng itu sangat menarik sehingga jarang anak merasa bosan. Guru bisa saja mengambil satu buku yang ada di perpustakaan sekolah dan secara tiba-tiba mengundang siswanya mendekat kemudian mendongeng. Nah, disini siswa akan mera mendapatkan surprise atau kejutan. Anak-anak senang sekali dengan kejutan.

4. Menjadwal Pojok Maca

Kegiatan di Pojok Baca Kelas
Tanggung-jawab untuk merawat Pojok Baca Kelas dapat ditanamkan dengan membuat kegiatan merapikan buku pada Pojok Baca. Selain tidak terlalu merepotkan guru hal ini juga cukup efektif melatih tanggung-jawab siswa.

5. Mengadakan Kunjungan Outdoor Learning
Kegiatan Outdoor Learning Ke Pasar
Kegiatan Outdoor Learning atau Pembelajaran di Luar Sekolah untuk membekali siswa dengan pengalaman pengetahuan yang lengkap. Sudah saya bahas pada postingan saya yang sebelumnya
baca: Kegiatan Outdoor Learning


6. Memberikan Penghargaan Kepada Pemustaka Teraktif
Penghargaan kepada siswa yang rajin membaca
Harus ada Reward atau penghargaan untuk setiap kegiatan yang dilakukan. Penghargaan akan memcau semangat siswa untuk mengikuti setiap kegiatan dengan baik. 

Nah, Demikian sedikit contoh kegiatan literasi yang dapat dilakukan di Sekolah Dasar. Banyak hal yang dapat dilakukan karena dunia anak-anak masih sangat luas. Komitmen Bapak/Ibu guru lah yang mampu mewujudkan pendidikan bagi anak menjadi lebih baik.

Credit Foto dan Kegiatan dari : SD N Klego 1 Pekalongan, Sekolah PPK.

Terimakasih sudah membaca tulisan saya. Senang bagi saya apabila Bapak/Ibu membagikan tulisan ini agar saya dapat terus menulis informasi yang bermanfaat khususnya dalam dunia pendidikan. Silahkan apabila berkenan klik tombol share yang ada dibawa atau juga dapat di share melalui media sosial dengan copy link halaman ini. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

No comments:

Post a Comment