Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday 29 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 TPS Think Pair Share


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                     : SDNPurwoyoso 02
Kelas/Semester          : I/1
Tema                         : Kegemaranku/Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran ke        :  4
Alokasi                      : 5 x 35 menit (1 kali pertemuan)

A.Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam  bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PJOK
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2. Memahami gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2. Mempraktikkan gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2.1. Mengidentifikasi gerak dasar non-lokomotor




4.2.1. Menirukan gerak dasar non-lokomotor



Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11 Mencermati puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
3.11.1. Memilih ungkapan kasih sayang terhadap guru dengan tepat.




4.11.1. Membuat kartu nama ucapan sederhana yang ditujukan untuk guru.

SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.
4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari.
3.3.1. Menemukan gerak anggota tubuh melalui tari
4.3.1. Menampilkan gerak anggota tubuh melalui tari dengan irama cepat, sedang, dan lambat.

Karakter siswa yang diharapkan:  Nasionalis, Disiplin, Tanggung Jawab, Mandiri

C.Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah melakukan pemanasan, siswa dapat mengidentifikasi gerak dasar non-lokomotor dengan benar.
2.      Setelah mempraktikkan gerak dasar non-lokomotor, siswa dapat menirukan gerak dasar non-lokomotor dengan baik.
3.      Setelah memeragakan lagu Kepala, Pundak, Lutut, Kaki, siswa dapat menyebutkan 5 nama anggota tubuh.
4.      Setelah memeragakan gerak tari dengan lagu Kepala, Pundak, Lutut, Kaki, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh melalui irama cepat, dengan tepat,
5.      Setelah memeragakan gerak tari dengan lagu Kepala, Pundak, Lutut, Kaki, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh melalui irama sedang dengan tepat.
6.      Setelah memeragakan gerak tari dengan lagu Kepala, Pundak, Lutut, Kaki, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh melalui irama lambat dengan tepat
7.      Setelah mengamati lirik lagu Terima Kasihku, siswa dapat mengungkapkan perasaan kasih sayang terhadap guru dengan tepat.
8.      Setelah berkelompok, siswa dapat membuat kartu nama ucapan sederhana yang ditujukan untuk guru..

D.Materi Pembelajaran.
1.      Gerak dasar non-lokomotor.
2.      Irama cepat, sedang, dan lambat.
3.      Ungkapan sikap sayang yang baik terhadap guru

E. Model, Metode dan Pendekatan

Metode Pembelajaran                  : Think Pair Share
Pendekatan Pembelajaran            : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan
                                                     data, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
Model Pembelajaran                    : Tanya jawab, penugasan, diskusi dan ceramah

F. MediaPembelajaran
a.       Gambar gerak non-lokomotor.
b.      Video lagu terima kasihku.

G. Sumber Pembelajaran
a.       Adellina, Novilia, dkk 2016. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
b.      Adellina, Novilia, dkk 2016. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-Langkah Model Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

Pra Kegiatan
1.      Siswa berbaris diluar kelas, Ketua memimpin baris-baris (Disiplin)
2.      Siswa masuk ke dalam kelas secara urut (Disiplin)
3.      Siswa membaca asmaul husna (Religius)

Pendahuluan
1.      Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa. (Religius)
2.      Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah siswa yang hari itu datang paling awal (Religius)
3.      Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan tanggung jawab setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya cita-cita. 
4.      Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat (Nasionalisme.)
5.      Siswa diminta untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas (Kerapian)
6.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.      Pembiasaan membaca 15 menit (Kegitan Literasi Dasar)
8.    Menyegarkan suasana diajak bermain “Kaki Patung”
30 menit
Kegiatan Inti
a. Think
1.  Siswa diminta untuk bergerak mengikuti gerak dalam buku siswa masing-masing 8 kali hitungan (mengamati)
2.  Siswa berlatih menyentuh kepala, pundak, lutut dan kaki dengan posisi yang benar (mencoba)
3.  Siswa melakukan gerakan yang sudah dilatih dengan lagu Kepala, Pundak, Lutut, Kaki (mencoba)
4.  Siswa menari sambil bernyanyi Kepala, Pundak, Lutut, Kaki dengan irama cepat, sedang, dan lambat (menalar)
5.  Guru menanyakan pada siswa apakah mereka bahagia (menanya)
6.  Siswa menyanyi lagu Terima Kasihku.
7.  Siswa mengamati lirik lagu tersebut (mengamati)
8.  Siswa menanya tentang isi dari lagu tersebut (menanya)
70 menit
b. Pair
9.   Siswa mengidentifikasi cara mengungkapkan terima kasih kepada guru (mencoba)
10. Siswa berkelompok mengerjakan LKPD (menalar)
c. Share
11. Siswa maju untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok (mengkomunikasikan)
12. Guru dan siswa melakukan refleksi dari presentasi yang dilakukan kelompok lain.
Penutup

1.      Siswa bersama dengan guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.      Guru memberikan soal evaluasi kepada siswa.
3.      Guru memberikan tindak lanjut/pekerjaan rumah kepada siswa.
4.      Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.  
5.      Guru memberi salam dan menyampaikan pesan moral.
20 menit

I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Pengetahuan
a)      Teknik       : Tes
b)      Jenis           : Tes tertulis
c)      Bentuk       : Isian Singkat
2.      Ketrampilan
a)      Teknik       : Non tes
b)      Jenis           : Unjuk Kerja
c)      Bentuk       : Rubik

                                                                                       Semarang,                    2018
               Guru Kelas IV                                                                        Peneliti


               

No comments:

Post a Comment