Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Sunday 3 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Aku dan Teman Baru


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           : SD…………
Kelas/ semester                  : I / I
Tema                                  : I. Diriku
Subtema                             : I. Aku dan Teman Baru
Pembelajaran                    : 6. Matematika, Bahasa Indonesia, PPKn
Alokasi waktu                   : 1  Hari (5JP x 35 menit)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDKATOR
Muatan Pembelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan ssehari-hari di rumah
2.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2  Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
1.2.1 Menunjukkan perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
2.2.1 Menunjukkan sikap disiplin.
3.2.1     Menggali informasi yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah.
4.2  Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari0hari di rumah.
4.2.1 Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat masuk rumah
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah

3.3.3Menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna yang terkait dengan aku dan teman baru.
3.3.4 Mengidentifikasi huruf-huruf pertama dari sebuah nama.
4.3  Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
4.3.2Melakukan permainan menyusun huruf-huruf penyusun nama
Matematika
3.2  Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
3.2.1Mengidentifikasi jumlah huruf penyusun nama
3.2.2 Menulis lambang bilangan jumlah benda
4.2  Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
4.2.1 Melakukan permainan tebak lambang bilangan

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat menyusun huruf-huruf penyusun nama dengan benar.
2.      Melalui bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat mengenali huruf pertama dari sebuah nama, baik huruf vokal maupun konsonan.
3.      Melalui bercerita, siswa dapat menggunakan huruf vokal dan konsonan dalam sebuah kata dan menyusunnya menjadi kalimat.
4.      Melalui bercerita, siswa dapat membilang banyaknya huruf penyusun nama sendiri dan nama teman.
5.      Melalui belajar dan berlatih, siswa dapat membilang benda dan menuliskan lambang bilangannya.
6.      Melalui berdoa sebelum melakukan kegiatan di sekolah, siswa dapat mempraktikkannya di rumah.
7.      Melalui diskusi, siswa dapat mengidentifikasi aturan saat keluar dan masuk rumah.
.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.         Lambang bilangan 1 – 10
2.         huruf vokal dan konsonan
3.         Aturan masuk dan keluar rumah
4.         Doa-doa sebelum melakukan kegiatan sehari-hari

E.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media Pembelajaran
a.    Poster alfabet
b.    Kartu huruf
2.      Alat/bahan Pembelajaran
Alat tulis
3.      Sumber Belajar
Nurhasanah dan Lubna Assagaf. 2017. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegiatanku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Nurhasanah dan Lubna Assagaf. 2017. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegiatanku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

F.     PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN         : Scientific
MODEL                      : Think Pair Share
METODE                   : diskusi, tanya jawab, penugasan, ceramah
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Pra Kegiatan
1.    Siswa berbaris di luar kelas. Siswa secara bergiliran setiap hari untuk memimpin. (berani, tanggung jawab)
2.    Siswa melafalkan Pancasila bersama-sama dipimpin oleh seorang siswa. (nasionalis)
3.    Siswa masuk ke kelas scara urut dan tertib. (disiplin)
4.    Siswa menyalami guru di depan kelas. (santun, hormat)
15 menit (06.45-07.00)
Kegiatan Pendahuluan
1.     Guru mengkondisikan kelas.
2.     Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa
3.     Guru mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing (religius)
4.     Guru melakukan presensi kehadiran siswa
5.     Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran
6.     Guru memberikan apersepsi yang terkait dengan materi pembelajaran, yaitu dengan meminta siswa menyebutkan huruf penyusun nama salah satu teman mereka.
7.     Guru membangkitkan motivasi belajar siswa dengan menyanyikan lagu “ABCD”
8.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

15 Menit
Kegiatan Inti
a.    Think (Berfikir)
1.      Siswa mengamati poster tulisan alfabet yang disediakan guru di papan tulis. (mengamati)
2.      Siswa bertanya pada guru mengenai poster alfabet tersebut(menanya)
3.      Siswa menyusun huruf penyusun namanya sesuai perintah guru. (mencoba)
4.      Siswa mengamati media poster yang disediakan oleh guru, bersama-sama guru menghitung jumlah huruf alfabet (mengamati, mengumpulkan informasi)
5.      Siswa menyimak penjelasan guru mengenai aturan bermain menyusun huruf. (menanya, mengumpulkan informasi, menalar)
135 menit

b.   Pair (Berpasangan)
7.      Siswa dibentuk kelompok secara berpasangan (dua anggota) dengan teman sebangkunya dan menerima kartu huruf dari guru. (mengkomunikasikan)
8.      Setiap kelompok membuka buku siswa halaman 30 dan mengamati nama-nama yang hurufnya disusun secara acak.(mengamati)
9.      Secara berkelompok berpasangan,  siswa menyusun huruf pada nama-nama tersebut dengan benar (mencoba)
10.  Secara berpasangan, siswa bercerita tentang aturan saat masuk dan keluar di rumah masing-masing. (mengkomunikasikan)
11.  Siswa menirukan doa masuk dan keluar guru yang dilafalkan guru. (mengumpulkan informasi)
12.  Secara berpasangan, siswa menghafalkan doa masuk dan keluar rumah. (mengolah informasi)


c.    Share (Berbagi)
13.  Siswa mendiskusikan LKPD dengan teman sebangku (menanya, menalar/mengolah informasi)
14.  Perwakilan setiap kelompok maju untuk bercerita tentang nama sendiri dan nama satu orang teman berserta huruf-huruf penyusunnya. (mengkomunikasikan)

Kegiatan
Penutup
1.      Guru bersama siswa merefleksi kegiatan pembelajaran
2.      Siswa merangkum hasil pembelajaran
3.      Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
4.      Guru memberikan soal evaluasi
5.      Guru melakukan evaluasi
6.      Guru memberikan pengayaan bagi siswa yang tuntas dan remidial bagi siswa yang belum tuntas
7.      Guru memberikan pesan untuk mempelajari materi berikutnya/yang akan datang
8.      Guru bersama siswa menyanyikan lagu daerah
9.      Guru bersama siswa menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
10.  Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan salam
25
Menit

H.    PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.         Tes
Penilaian Pengatahuan Matematika, Bahasa Indonesia
b.        Non Tes
Penilaian sikap
·         Spiritual    : bersyukur, berdoa
·         Sosial        : percaya diri, disiplin, berani, cermat, disiplin, kerjasama
Penilaian Keterampilan
·         Matematika          : Menuliskan bilangan 1 sampai 10
·         Bahasa Indonesia : Bercerita tentang nama diri sendiri dan teman baru
·         PPKn                    : Melafalkan doa sebelum melakukan kegiatan
2.      Jenis Penilaian
Tes tertulis, penilaian sikap, unjuk kerja
3.      Bentuk Penilaian
Tes       : Tertulis
Nontes : Observasi dan pecatatan sikap siswa selama kegiatan pembelajaran.
4.      Instrumen Penilaian
Tes       : Soal pilihan ganda
Nontes :
-          Rubrik bercerita tentang nama diri sendiri dan teman baru
-          Rubrik melafalkan doa sebelum melakukan kegiatan
I.       PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1.      Remidial          : bagi siswa yang masih belum dapat memahami materi yang diajarkan dengan baik, akan diberikan tambahan jam untuk pendalaman materi.
2.      Pengayaan       : bagi siswa yang sudah dapat memahami materi dengan baik diberi soal tambahan.

Aceh, 5 Maret 2018
Mengetahui,
Kepala SD…………….                                                                      Guru Kelas I

No comments:

Post a Comment