RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD…………
Kelas/ semester :
I / I
Tema :
I. Diriku
Subtema :
I. Aku dan Teman Baru
Pembelajaran : 6.
Matematika, Bahasa Indonesia, PPKn
Alokasi waktu :
1 Hari (5JP x 35 menit)
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDKATOR
Muatan Pembelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
PPKn
|
1.2
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan ssehari-hari
di rumah
2.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
|
1.2.1
Menunjukkan perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
2.2.1
Menunjukkan sikap disiplin.
3.2.1 Menggali informasi yang harus
dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah.
|
|
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari0hari di rumah.
|
4.2.1 Mempraktikkan kegiatan
memberi salam saat masuk rumah
|
||
Bahasa Indonesia
|
3.3
Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau
bahasa daerah
|
3.3.3Menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna yang
terkait dengan aku dan teman baru.
3.3.4 Mengidentifikasi huruf-huruf pertama dari sebuah nama.
|
|
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam
kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
|
4.3.2Melakukan permainan menyusun huruf-huruf penyusun nama
|
||
Matematika
|
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan tempat
penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara
membacanya.
|
3.2.1Mengidentifikasi
jumlah
huruf penyusun nama
3.2.2 Menulis lambang bilangan jumlah
benda
|
|
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang
menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
|
4.2.1 Melakukan permainan tebak lambang
bilangan
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui bermain
kartu huruf dan berlatih, siswa dapat menyusun huruf-huruf penyusun nama dengan
benar.
2. Melalui
bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat mengenali huruf pertama dari
sebuah nama, baik huruf vokal maupun konsonan.
3. Melalui bercerita,
siswa dapat menggunakan huruf vokal dan konsonan dalam sebuah kata dan
menyusunnya menjadi kalimat.
4. Melalui bercerita,
siswa dapat membilang banyaknya huruf penyusun nama sendiri dan nama teman.
5. Melalui belajar
dan berlatih, siswa dapat membilang benda dan menuliskan lambang bilangannya.
6. Melalui berdoa
sebelum melakukan kegiatan di sekolah, siswa dapat mempraktikkannya di rumah.
7. Melalui diskusi, siswa
dapat mengidentifikasi aturan saat keluar dan masuk rumah.
.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Lambang bilangan 1 – 10
2.
huruf vokal dan konsonan
3.
Aturan masuk dan keluar rumah
4.
Doa-doa sebelum melakukan kegiatan
sehari-hari
E. MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1. Media
Pembelajaran
a.
Poster alfabet
b.
Kartu huruf
2. Alat/bahan
Pembelajaran
Alat tulis
3. Sumber
Belajar
Nurhasanah dan Lubna Assagaf. 2017. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Tema Kegiatanku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Nurhasanah dan Lubna Assagaf. 2017. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Kegiatanku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
F.
PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE
PEMBELAJARAN
PENDEKATAN : Scientific
MODEL : Think Pair Share
METODE : diskusi, tanya jawab, penugasan, ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Pra Kegiatan
1. Siswa berbaris di luar kelas. Siswa secara
bergiliran setiap hari untuk memimpin. (berani, tanggung jawab)
2. Siswa melafalkan Pancasila bersama-sama dipimpin
oleh seorang siswa. (nasionalis)
3. Siswa masuk ke kelas scara urut dan tertib. (disiplin)
4. Siswa menyalami guru di depan kelas. (santun,
hormat)
|
15 menit (06.45-07.00)
|
Kegiatan Pendahuluan
1.
Guru
mengkondisikan kelas.
2.
Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa
3.
Guru
mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing (religius)
4.
Guru
melakukan presensi kehadiran siswa
5.
Guru
menyiapkan sumber dan media pembelajaran
6.
Guru memberikan apersepsi yang
terkait dengan materi pembelajaran, yaitu dengan meminta siswa menyebutkan
huruf penyusun nama salah satu teman mereka.
7.
Guru
membangkitkan motivasi belajar siswa dengan menyanyikan lagu “ABCD”
8.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
15
Menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
a.
Think (Berfikir)
1.
Siswa mengamati poster tulisan alfabet yang disediakan guru di papan tulis. (mengamati)
2.
Siswa bertanya pada guru mengenai poster alfabet
tersebut(menanya)
3.
Siswa menyusun huruf penyusun namanya
sesuai perintah guru. (mencoba)
4.
Siswa mengamati media poster yang disediakan oleh
guru, bersama-sama guru menghitung jumlah huruf alfabet (mengamati, mengumpulkan informasi)
5.
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai aturan bermain
menyusun huruf. (menanya, mengumpulkan informasi, menalar)
|
135 menit
|
|
b.
Pair (Berpasangan)
7. Siswa
dibentuk kelompok secara berpasangan (dua anggota) dengan teman sebangkunya dan
menerima kartu huruf dari guru. (mengkomunikasikan)
8. Setiap kelompok membuka buku siswa
halaman 30 dan mengamati nama-nama yang hurufnya disusun secara acak.(mengamati)
9. Secara berkelompok berpasangan, siswa menyusun huruf pada nama-nama tersebut
dengan benar (mencoba)
10. Secara berpasangan, siswa bercerita
tentang aturan saat masuk dan keluar di rumah masing-masing. (mengkomunikasikan)
11. Siswa menirukan doa masuk dan keluar
guru yang dilafalkan guru. (mengumpulkan informasi)
12. Secara berpasangan, siswa menghafalkan
doa masuk dan keluar rumah. (mengolah informasi)
|
|
|
c. Share (Berbagi)
13.
Siswa mendiskusikan LKPD dengan teman sebangku (menanya,
menalar/mengolah informasi)
14.
Perwakilan setiap kelompok maju untuk
bercerita tentang nama sendiri dan nama satu orang teman berserta huruf-huruf
penyusunnya. (mengkomunikasikan)
|
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru
bersama
siswa merefleksi kegiatan pembelajaran
2.
Siswa
merangkum hasil pembelajaran
3.
Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
4.
Guru memberikan soal evaluasi
5.
Guru melakukan evaluasi
6.
Guru
memberikan pengayaan bagi siswa yang tuntas dan remidial
bagi siswa yang belum tuntas
7.
Guru
memberikan pesan untuk mempelajari materi berikutnya/yang akan datang
8.
Guru bersama siswa menyanyikan lagu daerah
9.
Guru
bersama siswa menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
10.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan salam
|
25
Menit
|
H. PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Tes
Penilaian Pengatahuan Matematika, Bahasa Indonesia
b.
Non
Tes
Penilaian
sikap
·
Spiritual : bersyukur, berdoa
·
Sosial : percaya diri, disiplin, berani, cermat,
disiplin, kerjasama
Penilaian
Keterampilan
·
Matematika : Menuliskan bilangan 1 sampai 10
·
Bahasa
Indonesia : Bercerita tentang nama diri
sendiri dan teman baru
·
PPKn : Melafalkan doa sebelum
melakukan kegiatan
2.
Jenis
Penilaian
Tes
tertulis, penilaian sikap, unjuk kerja
3.
Bentuk
Penilaian
Tes : Tertulis
Nontes : Observasi dan pecatatan sikap siswa selama
kegiatan pembelajaran.
4.
Instrumen
Penilaian
Tes : Soal pilihan ganda
Nontes :
-
Rubrik bercerita tentang nama diri sendiri dan teman baru
-
Rubrik melafalkan doa sebelum melakukan kegiatan
I. PEMBELAJARAN REMEDIAL
DAN PENGAYAAN
1.
Remidial : bagi siswa yang masih belum dapat memahami materi yang diajarkan dengan baik, akan diberikan tambahan jam untuk pendalaman materi.
2.
Pengayaan : bagi siswa yang sudah dapat memahami
materi dengan baik
diberi soal tambahan.
Aceh, 5 Maret
2018
Mengetahui,
Kepala SD……………. Guru
Kelas I
No comments:
Post a Comment