Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Wednesday 6 June 2018

RPP Kurtilas Kelas 1 Tema 1 Diriku Subtema 2 Tubuhku Pembelajaran 5 Think Pair Share


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SDN NUSA BANGSA
Kelas / Semester        : I / I
Tema                          : 1. Diriku
Sub Tema                   : 2. Tubuhku
Pembelajaran            : 5
Alokasi waktu            : 1 Hari (5JP x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

A.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1. Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan  lambang bunyi vokal dan konsonan dalam  kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah atau bahasa daerah.
3.3.1 Mengidentifikasi huruf vokal dan konsonan tentang anggota tubuh manusia melalui kartu huruf
3.3.2 Mengelompokkan lambang bunyi vokal dan konsonan tentang anggota tubuh manusia melalui kartu huruf
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
4.3.1 Membaca huruf vokal dan konsonan tentang anggota tubuh manusia dalam bahasa Indonesia


2. Matematika
3.2 Menjelaskan  bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
3.2.1 Menyebutkan lambang  bilangan dengan nama  bilangan tentang anggota tubuh manusia
3.2.2 Menunjukkan susunan  pasangan antara lambang bilangan dengan nama bilangan sesuai dengan bagian anggota tubuh manusia
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang  enyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
4.2.1 Menuliskan lambang bilangan dan nama bilangan sesuai dengan benda-benda di sekitar




B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui pengamatan kartu huruf siswa dapat mengidentifikasi huruf vokal dan konsonan  sesuai dengan anggota tubuh manusia dengan baik.
2.      Melalui kartu huruf siswa mampu mengelompokkan lambang bunyi vokal dan konsonan sesuai dengan anggota tubuh manusia dengan benar.
3.      Melalui praktik menyusun kartu huruf siswa mampu menyusun dan membaca susunan huruf vokal dan konsonan dalam bahasa indonesia sesuai dengan anggota tubuh manusia dengan baik.
4.      Melalui pengamatan berpasangan terhadap kartu bilangan siswa mampu menjelaskan lambang bilangan dan nama bilangan sesuai dengan anggota tubuh manusia dengan benar
5.      Melalui kegaiatan berpasangan siswa mampu  menunjukkan susunan  pasangan antara lambang bilangan dengan nama bilangan sesuai dengan anggota tubuh manusia dengan benar.
6.      Melalui kerja LKPD siswa dapat menuliskan lambang bilangan dan nama bilangan benda di sekitar dengan baik


C.    MATERI AJAR
1.      Huruf vokal dan konsonan
2.      Lambang bilangan dan nilai bilangan

D.    STRATEGI PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran            : Saintifik
Metode Pembelajaran                  : Diskusi, Demonstrasi, Tanya jawab, ceramah
Model Pembelajaran                    : Think Pair Share
  PPK                                             : Disiplin, santu, religius, nasionalis, teliti, komunikatif

E.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Pendahuluan
Pra Kegiatan
1.    Siswa berbaris di luar kelas, ketua kelas memimpin baris-berbaris (disiplin)
2.    Siswa masuk ke dalam kelas secara urut (disiplin)
3.    Siswa menyalami guru di depan kelas (santun)
Siswa membaca surat-surat pendek bersama-sama (religius)
06.45-07.00 WIB
Kegiatan Awal
1.   Guru mengucapkan salam untuk membuka kegiatan pembelajaran(religius)
2.    Guru meminta  salah satu siswa untuk memimpin doa (religius)
3.    Guru mengajak siswa, bersama-sama untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya (nasionalis)
4.    Guru mengabsen kehadiran siswa
5.    Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran Guru melakukan apersepsi dengan bertanya
·         sebutkan bagian-bagaian tubuh yang kamu ketahui?
·         coba tunjukkan salah satu bagian tubuh kalian?
·         ada berapakah jumlah  jari  tangan kalian?
6.    Guru membangkitkan motivasi siswa dengan mengajak siswa untuk menyanyi “Dua Mata Saya”
7.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
15 Menit
Kegiatan Inti
A.     Think (Berpikir)
1.      Siswa menanyakan tentang isi lagu yang telah dinyanyikan bersama-sama. (menayakan)
2.      Siswa mengamati gambar bagian-bagian tubuh manusia yang terdapat pada lagu ditunjukkan guru. (mengamati)
3.      Siswa bertanya tentang gambar bagian tubuh manusia. (bertanya)
4.      Siswa menyebutkan dan menghitung bagian-bagian tubuh manusia yang ditunjuk oleh guru secara bersama-sama. (mencoba) (teliti)
5.      Siswa mengamati media gambar alat-alat tubuh manusia yang ditampilkan oleh guru (mengamati)
6.      Salah seorang  Siswa  diminta  untuk maju ke depan kelas. Guru menyebutkan satu bagian tubuh dan meminta siswa tersebut untuk menunjuk gambar bagian tubuh yang dimaksud dan menghitung jumlah anggota tubuh tersebut (mencoba)
7.      Setelah menghitung jumlah anggota tubuh tersebut, siswa juga membaca kata dan menyebutkan huruf-huruf penyusunnya. (menalar)
8.      Guru meminta siswa yang lain untuk melakukan kegiatan yang sama dengan nama bagian tubuh yang berbeda (mangasosiasi)
B.     Pair (Berpasangan)
1.      Guru membagikan LKPD yang berisi kartu huruf 1 set kartu huruf dan kartu bilangan pada setiap bangku siswa atau berpasangan (mengamati)
2.      Siswa membaca huruf-huruf yang ditunjukkan guru secara satu persatu secara acak dengan bersama-sama. (mengkomunikasikan)
3.      Siswa bersama teman sebangku membaca susunan huruf sederhana yang disusunkan oleh guru. (mengkomunikasikan)
4.      Siswa dengan teman sebangku mengerjakan LKPD tentang penyusunan kartu huruf, lambang bilangan dan nama bilangan. (mengasosiasi)
5.      Siswa menyusun kartu huruf bersama teman sebangku yang membentuk kata-kata bagian tubuh dan membacanya. (mencoba)
6.      Siswa menghitung jumlah kartu huruf vokal dan konsonan yang terdapat pada huruf yang disusun. (menalar)
7.      Siswa menghitung jumlah huruf yang terdapat pada kata-kata sederhana dari bagian-bagian tubuh manusia oleh guru. (mengasosiasi)
8.      Siswa menyusun kartu huruf yang menunjukkan nilai bilangan yang sesuai (mencoba)
C.Share (Berbagi)
9.      Siswa bersama teman sebangku membacakan susunan kartu huruf dan menghitung jumlah huruf di depan kelas. (mengkomunikasikan) (Komunikatif)
10.  Semua siswa memperhatikan dan mengevaluasi bersama-sama kelompok siswa yang maju menyusun dan menghitung susunan huruf. (mengamati)
135 Menit
Penutup
1.    Siswa mengerjakan latihan soal evaluasi
2.    Guru membahas latihan soal evaluasi yang dikerjakan siswa.
3.    Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
4.    Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran
5.    Guru melakukan tindak lanjut dengan mengadakan pengayaan dan remidial
6.    Secara bersama-sama siswa menyanyikan lagu daerah
7.    Guru menyampaikan pesan moral dari pembelajaran hari ini
8.    Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
9.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam
25 Menit

F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER AJAR
1.      Media                          : Kartu nama, kartu bilangan, gambar bagian tubuh manusia.
2.      Alat/bahan                   : Kertas kardus, boardmarker, gunting.
3.      Sumber belajar            :
-          Hendrifiana, Yusfina.dkk 2017..Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-          Hendrifiana, Yusfina.dkk 2017.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. PENILAIAN
1.      Teknik penilaian                 
1)      Tes
Pengetahuan :Tes tertulis.
2)       Non tes
a.    Sikap
a)        Spiritual                 : Bersyukur, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan.
b)        Sosial                     : disiplin, percaya diri, kerjasama.
b.    Keterampilan
a)        Bahasa Indonesia   :  Menyusun dan membaca huruf vokal dan konsonan dalam bahasa  Indonesia.
b)        Matematika            : Menuliskan lambang bilangan dan nama bilangan.
2.      Bentuk penilaian                  : Uraian singkat dan rating scale dengan rubrik
1)        Tes                                 : Tertulis
2)        Non tes                          : Unjuk Kerja,
3.      Instrumen penilaian             : lembar observasi, lembar soal, lembar skala sikap
1)      Tes                                 : Soal (pilihan ganda dan  isian singkat )
2)      Non tes                          : Rubrik
4.      Tindak lanjut hasil evaluasi yang mecakup remedial dan pengayaan

Remidial              : Bagi siswa yang belum tuntas pada materi yang diajarkan dengan     memberikan tambahan jam untuk pemahaman materi.
Pengayaan           : Bagi siswa yang sudah tuntas diberi soal tambahan.
Semarang,  ……………..2018
Kepala Sekolah                                                                 Guru Kelas I



.................................                                                        .................................  
NIP.                                                                                 NIP.

No comments:

Post a Comment