Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Monday 4 June 2018

RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Tema 1 Diriku Subtema 2 Tubuhku Pembelajaran 1 Model Think Pair Share


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    :  SD ………………………..
Kelas / semester         :  I / I
Tema                          :  I. Dririku
Sub Tema                   :  2. Tubuhku
Pembelajaran            :  1. Bahasa Indonesia, SBdP, PPKn
Alokasi waktu            :  1 Hari  (5JP x 35 menit)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDKATOR

Kompetensi Dasar
Indikator
Bahasa Indonesia

3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta
perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.

4.4  Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.


3.4.1   Mengidentifikasi anggota tubuh






4.4.2 Menggunakan kosa kata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan




SBdP

3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.

4.3 Memeragakan gerak
anggota tubuh.


3.3.1 Mengidentifikasi gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian

4.3.1 Mendemonstrasikan gerak anggota tubuh.
PPKn

1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan seharihari di rumah.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.


1.2.1 Berperilaku syukur, berdoa


2.2.1 Menunjukkan perilaku disiplin


3.2.1 Mengidentifikasi aturan saat makan di rumah.

4.2.1 Menceritakan aturan yang berlaku dalam kehidupan di rumah saat makan

Karakter yang ditunjukkan:  percaya diri, disiplin, kerja sama

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan pembiasaan patuh pada aturan agama yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari, perilaku syukur siswa akan membudaya.
2.    Dengan keteladanan dalam bersikap di kehidupan sehari-hari, perilaku santun siswa akan membudaya.
3.    Melalui media gambar tentang bagian-bagian tubuh, siswa dapat mengidentifikasi nama bagian-bagian tubuh dengan benar
4.    Melalui pengamatan tentang gerak anggota tubuh, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh dengan benar
5.    Melalui contoh dari guru tentang gerak anggota tubuh, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh dengan tepat
6.    Melalui teks bacaan tentang aturan-aturan pada saat makan, siswa dapat menyebutkan 3 aturan pada saat makan dengan benar.
7.    Melalui diskusi, siswa dapat menerapkan aturan-aturan pada saat makan pada kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar

D.  MATERI PEMBELAJARAN
1.    Bagian-bagian tubuh
2.    Gerak Anggota Tubuh
3.    Aturan saat makan di rumah

E.  MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1.    Media Pembelajaran
a.    Gambar tubuh dan nama bagian-bagiannya.
b.    Teks Lagu Dua Mata Saya
c.    Teks Lagu Kepala Pundak Lutut Kaki
d.   Teks tentang aturan saat makan

2.    Alat/bahan pembelajaran
Alat Tulis
LCD
Laptop
3.    Sumber Belajar
Nurhasanah dan Lubna Assagaf. 2017. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegiatanku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Nurhasanah dan Lubna Assagaf. 2017. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegiatanku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

F.   PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN   : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).
MODEL                : Think Pair Share
METODE              : diskusi, tanya jawab, penugasan, ceramah

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Pra Kegiatan
1.    Siswa berbaris di luar kelas. Siswa secara bergiliran setiap hari untuk memimpin. (berani, tanggung jawab)
2.    Siswa melafalkan Pancasila bersama-sama dipimpin oleh salah satu siswa. (nasionalis)
3.    Siswa masuk ke kelas scara urut dan tertib. (disiplin)
Siswa menyalami guru di depan kelas. (santun, hormat)
15 menit (06.45-07.00)
Kegiatan Pendahuluan
1.         Guru mengkondisikan kelas.
2.         Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa
3.         Guru meminta salah satu siswa memimpin berdoa sebelum memulai pembelajaran (religius)
4.         Guru melakukan presensi kehadiran siswa
5.         Guru memberikan apersepsi dengan menyanyikan lagu “dua mata saya”
6.         Sambil menyanyikan lagu “dua mata saya”, siswa menunjuk bagian-bagian tubuh sesuai dengan teks lagu.
7.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
8.         Guru memotivasi siswa secara verbal dan memberikan pertanyaan yang menantang, “Tubuh kita adalah pemberian dari Tuhan, kita harus bersyukur karena sudah diberi anggota tubuh yang lengkap. Rasa syukur itu kita wujudkan dengan cara menjaga kesehatan. Bagaimana cara kalian menjaga kesehatan tubuh?”
15 Menit
Kegiatan Inti
Fase 1
a.         Think (Berpikir)
1.         Siswa disajikan gambar tentang bagian-bagian tubuh yang belum ada namanya (mengamati, menanya)
2.         Siswa distimulasi untuk menjawab nama-nama bagian tubuh pada gambar yang ditempel di papan tulis. (menalar, mengkomunikasikan)
3.         Siswa yang mau menjawab, mendapat apresiasi dari guru kemudian diminta untuk menunjukkan bagian tubuh sesuai dengan jawabannya. (mencoba, mengkomunikasikan)
4.         Siswa lain distimulasi untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh.(mencoba, menalar)
5.         Siswa mengamati  kartu  nama anggota tubuh yang disiapkan guru
6.         Salah satu siswa diminta untuk menempelkan kartu nama
tersebut di dekat bagian tubuh sesuai dengan yang dimaksud. (mencoba
, menalar)
7.         Siswa secara acak maju memilih kartu yang lain, membacakannya, dan meminta siswa yang lain untuk menempel kartu nama tersebut. Begitu seterusnya sampai semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar. (mencoba)
8.         Siswa bersama guru mengecek bersama.
9.         Jika ada kartu nama yang salah tempel, siswa diminta untuk membetulkannya.
10.     Setelah semua kartu nama anggota tubuh sudah dicek, guru lalu membacakan semua kartu nama anggota tubuh sambil menunjuk anggota tubuh yang dimaksud. Siswa menirukan bacaan dari guru. (mencoba)
11.     Setelah siswa menirukan, guru dan siswa bersama-sama membaca nyaring nama-nama bagian tubuh sambil guru menunjuk nama dan anggota tubuh yang dimaksud.
12.     Siswa menanggapi pertanyaan dari guru bagaimana cara menjaga supaya badan sehat?. (menalar, mengkomunikasikan)
13.     Siswa menanggapi pertanyaan dari guru bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan? (menalar, mengkomunikasikan)
b.        Pair (Berbagi)
14.     Siswa diminta menggali informasi dari teman sebangku tentang aturan saat makan di rumah. (mengumpulkan Informasi/eksperimen)
15.     Siswa akan bertanya jawab, yaitu bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan. (menanya, menalar, mengumpulkan informasi, mengkomunikasikan)
16.     Siswa diminta berdiskusi dengan teman sebangku mengenai aturan saat makan (apakah tadi pagi sudah makan? Sebelum makan, apakah ada yang harus kamu lakukan? Kalau makan di mana, di meja makan atau boleh di mana saja? Kalau makan, apakah bersama-sama dengan anggota keluarga atau sendiri-sendiri? Bagaimana sikap saat makan? Bagaimana sikap jika sudah selesai makan?
c.         Share (Berbagi)
17.     Kemudian, guru meminta perwakilan siswa untuk menceritakan tentang sikap saat makan di rumah. (mengkomunikasikan)
18.     Guru merangkum semua jawaban siswa dan menyampaikan
informasi tentang aturan di rumah tentang makan: mencuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum dan sesudah makan, makan sambil duduk.
19.     Sebelum kegiatan ditutup, siswa dan guru bergerak bersama dalam sebuah ragam gerak “Kepala Pundak Lutut Kaki”.
20.     Siswa mengamati dan kemudian mengikuti gerak guru.
21.     Siswa dan guru bergerak sesuai dengan irama lagu
tersebut.
22.     Siswa memperhatikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak “Kepala Pundak Lutut Kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut sebagai berikut:
 a. Sikap berdiri, pandangan ke depan,
b. Kedua tangan di pinggang,
c. Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk,
d. gerak kepala tengok kanan dan kiri. (mengamati, mengumpulkan informasi)
23.     Setelah menari, semua siswa mengerjakan latihan soal.
135 menit
Kegiatan
Penutup
1.         Guru bersama siswa merefleksi kegiatan pembelajaran dengan bertanya, “bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?”, “kegiatan apa yang paling kamu sukai? Mengapa?”, “kegiatan mana yang paling mudah/ sulit? Mengapa?”
2.         Siswa merangkum hasil pembelajaran
3.         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
4.         Siswa  mengerjakan soal evaluasi
5.         Guru memberikan evaluasi
6.         Guru memberikan pengayaan bagi siswa yang tuntas dan remidial bagi siswa yang belum tuntas
7.         Guru memberikan pesan untuk mempelajari materi berikutnya/yang akan datang.
8.         Guru bersama siswa menyanyikan lagu daerah.
9.         Guru bersama siswa menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa
10.     Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan salam dan memberi pesan moral
25 Menit

H.  PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
·         Tes
Penilaian Pengetahuan Bahasa Indonesia, SBdP, PPKn
·         Non Tes
Penilaian Sikap
a.       Spiritual         : bersyukur, berdoa
b.      Sosial             : kerjasama, sopan, disiplin, tertib

Penilaian Keterampilan
1.      Bahasa Indonesia
Memasangkan gambar bagian-bagian tubuh sesuai dengan namanya.
2.      SBdP
Memeragakan gerak anggota tubuh
3.      PPKn
Menceritakan tentang aturan makan di rumah kepada temannya.
2.      Jenis Penilaian
Tes tertulis, penilaian sikap, unjuk kerja
3.      Bentuk Penilaian
Tes              : tertulis
Non tes       : observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan pembelajaran
4.      Instrumen Penilaian
Tes         : Soal pilihan ganda
Non tes  :
a.       Lembar pengamatan sikap spiritual
b.      Lembar pengamatan sikap sosial
c.       Lembar pengamatan/ rubric menggerakkan tubuh dalam sebuah ragam gerak yang diiringi lagu “Kepala, Pundak, Lutut, Kaki”
I.       PEMBELAJARAN REMIDIAL DAN PENGAYAAN
Remidial          : bagi siswa yang masih belum tuntas pada materi yang diajarkan dengan memberikan tambahan jam untuk pemahaman materi.
Pengayaan       : Bagi siswa yang sudah tuntas diberi soal tambahan.

Semarang, 5 Maret 2018
Mengetahui,
Kepala SD……………..                                                         Guru Kelas I


2 comments: