Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Tuesday 10 September 2019

CONTOH PUISI ANAK USIA SD

Hai Selamat Datang Sobat SD Nusa. Bapak/Ibu Guru serta teman-teman Guru Muda Indonesia. Selamat Membaca Tulisan-tulisan kami ya! Mencari RPP Tematik SD?, kunjungi menu "RPP Tematik SD" pilih RPP sesuai tingkatan kelas, Tema dan Pembelajaranya

KARYA SASTRA
PUISI

Puisi merupakan ragam bahasa sastra yang terikat rima, irama, penyusunan bait serta larik.
Rima merupakan pengulangan bunyi yang berselang, baik di akhir larik sajak yang berdekatan maupun di larik sajaknya. Satu kesatuan puisi terdiri dari beberapa larik.
Menulis puisi itu mudah, langkahnya adalah sebagai berikut:
   1. Memilih atau menentukan ide
   2. Mengembangkan ide yang sudah dipilih
   3. Merangkai kata atau kalimat pilihan berdasarkan pengembangan ide

Membuat puisi membutuhkan rasa
Rasa dalam diri berhubungan dengan ide dan topic yang ingin kita angkat. Semakin kuat rasa yang diciptakan, akan jauh lebih mudah merangkai katanya. Rasa ini ditumbuhkan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan sering membaca puisi. Membaca puisi akan membantu anda menemukan;
   1. Gaya bahasa dalam berpuisi
   2. Makna puisi
 3. Diksi/ Pilhan kata dalam puisi

Biasanya, semakin sering membaca puisi maka akan terbiasa dengan pilihan kata dalam puisi dan bisa menemukan bahasa sendiri ketika nantinya menulis puisi.
Perhatikan situasi sekitar

Perlu sekali untuk memperhatikan situasi sekitar sebelum membuat puisi. Usahakan untuk memilih lokasi tenang dan bisa membantu untuk fokus pada perasaan dan ide kreatif  dalam membuat puisi.
Deskripsi, cerita, dan gambar konkret juga penting

Cobalah membuat dari pengalaman pribadi, mulailah dengan membuat kalimat-kalimat kiasan dari pengalaman, baik yang menyenangkan maupun menyedihkan.

puisi sahabat

puisi sahabat

puisi kasih sayang ibu

puisi sahabat

No comments:

Post a Comment