Metode
adalah cara yang berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan. Metode
pendidikan adalah cara-cara yang dipakai oleh orang atau sekelompok orang untuk
membimbing anak/ peserta didik sesuai dengan perkembangannya ke arah tujuan
yang hendak dicapai. Metode pendidikan tersebut selalu terkait dengan proses
pendidikan, yaitu bagaimana cara melaksanakan kegiatan pendidikan agar tercapai
tujuan pendidikan.
Untuk
memilih metode yang tepat dalam proses pendidikan perlu diperhatikan hal-hal
berikut ini :
a.
Tujuan yang hendak dicapai
b.
Kemampuan pendidik
c.
Kebutuhan peserta didik
d.
Isi atau materi pendidikan.
Tujuan pendidikan yang hendak dicapai antara negara
yang satu dengan yang lain bisa berbeda. Hal ini dikarenakan tujuan pendidikan
suatu negara mempunyai ciri tersendiri. Tujuan tersebut tidak bisa lepas dari
tujuan negara yang akan dicapai. Dalam Undang – Undang Republik Indonesia tahun
2003 pasal 4 disebutkan tujuan pendidikan nasional “.
Metode pendidikan harus pula disesuaikan dengan
guru/ pendidik. Guru yang tidak menguasai praktek lapangan, misalnya menyepak
bola (FPOK), memasang batu bata (FPTK-Jurusan Bangunan), menari (Seni Tari
FBS), maka sebaiknya guru/ pendidik tersebut tidak menggunakan metode pemberian
contoh. Metode pemberian contoh akan dilaksanakan oleh guru/ pendidik jika guru
tersebut menguasai bidang praktek lapangan.
Kebutuhan peserta didik merupakan faktor yang
pertama harus diperhatikan, karena peserta didiklah yang paling berkepentingan
dalam proses pendidikan. Guru/ pendidik haruslah memperhatikan bakat, minat,
sikap, dan kemampuan peserta didik. Bagi peserta didik yang kemampuannya di
bawah rata-rata tentunya guru harus lebih banyak membimbing dan membri contoh
pekerjaan-pekerjaan yang dikerjakan. Kebutuhan peserta didik tidak akan lepas
dari perkembangan peserta didik itu sendiri.
Isi atau materi pendidikan ikut pula menentukan metode
pendidikan yang akan digunakan. Isi atau materi pendidikan yang meliputi
nilai-nilai, keterampilan dan pengetahuan, humaniora dan kewarganegaraan
mempunyai kecenderungan metode pendidikan yang berbeda. Nilai-nilai lebih
banyak pada metode pemberian contoh dan nasehat
No comments:
Post a Comment