Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Thursday 16 July 2020

KELAS NUSA : BELAJAR ONLINE KELAS 6 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3

Hai Selamat Datang Sobat SD Nusa. Bapak/Ibu Guru serta teman-teman Guru Muda Indonesia.

KELAS NUSA 
BELAJAR ONLINE


TEMA 1
SUBTEMA 1
PEMBELAJARAN 3

Halo bertemu lagi di KELAS NUSA
sudah siap belajar hari ini?
Yuk siapkan alat tulismu ya
kamu bisa catat materi penting hari ini di buku catatanmu ya

Yuk Kita Mulai...

IPA

Perkembangbiakan Vegetatif pada Tumbuhan

Pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas perkembangbiakan tumbuhan secara generatif, nah pada pertemuan hari ini kita akan membahas cara perkembangbiakan tumbuhan yang lainnya yaitu
 Perkembangbiakan tumbuhan vegetatif.

perkembangbiakan vegetatif

Perkembangbiakan vegetatif terjadi tanpa melalui perkawinan. Alat perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan berasal dari bagian-bagian tumbuhan induk.

ada 2 Jenis Perkembangbiakan Vegetatif, yaitu :
Vegetatif Alami dan Vegetatif Buatan

apa bedanya ...

Perkembangbiakan Vegetatif Alami merupakan perkembangbiakan yang terjadi tanpa bantuan manusia
Perkembangbiakan Vegetatif Buatan merupakan perkembangbiakan yang terjadi dengan bantuan manusia

kita bahas satu persatu ya,

Perkembangbiakan Vegetatif Alami pada Tumbuhan

Kita dapat menemukan berbagai tumbuhan yang berkembang baik secara vegetatif alami di lingkungan sekitar. Tumbuhan berkembang biak secara vegetatif alami dengan berbagai cara. Mari kita simak cara tumbuhan melakukan perkembangbiakan vegetatif alami berikut.

1. Tunas

vegetatif tunas
Tunas Batang : Bambu

tunas pisang vegetatif
Tunas Batang : Pohon Pisang 

Tunas merupakan anakan yang tumbuh di dekat tumbuhan induknya. Tunas dapat muncul dari akar, batang, atau daun pada tumbuhan yang telah tua. Contoh tumbuhan berkembang biak dengan tunas akar adalah cemara dan sukun. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas batang adalah pisang. Contog tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas daun adalah cocor bebek.

tunas akar cemara
Tunas Akar : Pohon Cemara

tunas daun cocor bebek
Tunas Daun : Cocor Bebek

tunas akar pohon sukun
Tunas Akar : Pohon Sukun

tunas akar dan tunas daun



2. Spora
Spora adalah inti sel yang berubah fungsi menjadi alat perkembangbiakan. Spora berbentuk seperti biji tetapi sangat halus. Spora terletak di dalam kotak spora yang disebut sporangium.  Sporangiumyang sudah matang akan pecah sehingga spora dapat beterbangan dengan bantuan angin. Jika spora jatuh di tempat yang lembab, spora akan berkecambah dan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Spora biasanya terdapat pada tumbuhan paku dan lumut.

contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan spora adalah :

jamur
spora : Jamur

spora : Lumut

spora: Tanaman Suplir

spora: Tanaman Paku

3. Akar tinggal atau Rizom
Akar tinggal disebut juga rizom atau rimpang. Akar tinggal sebenarnya adalah batang yang tumbuh di dalam tanah. Pada beberapa tumbuhan, akar tinggal dapat menumbuhkan tunas. Jika ditanam, ruas-ruas akar tinggal akan tumbuh menjadi calon tumbuhan baru. Tumbuhan yang berkembangbiak dengan akar tinggal antara lain kunyit, temulawak, kencur dan lengkuas.

lengkuas

Lengkuas : Akar tinggal
 

4. Geragih atau stolon
Geragih atau stolon adalah batang yang tumbuh menjalar di bawah atau di permukaan tanah. Pada ruas-ruas batang, terdapat akar yang akan tumbuh menjadi tunas baru. Tunas baru tersebut akan tumbuh menjad tumbuhan baru. Tumbuhan baru ini sudah memiliki akar sendiri sehingga tidak bergantung lagi pada induknya. Geragih yang tumbuh di permukaan tanah terdapat stroberi. Geragih yang tumbuh di bawah tanah terdapat pada rumput teki.

gergih stolon

stroberi


5. Umbi

Umbi merupakan bagian tumbuhan yang menggembung di dalam tanah. BAgian yang menggembung berisi cadanan makanan sebagai nutrisi bagi calon tumbuhan baru. Ada tiga jenis umbi, yaitu umbi batang, umbi lapis, dan umbi akar.

a. Umbi Batang
Umbi batang merupakan batang yang tumbuh mengembung di dalam tanah. Pada bagian permukaan umbi batang, terdapat mata tunas. Mata tunas ini akan tumbuh menjadi batang  dan daun. Batang dan daun tersebut akan muncuk dipermukaan tanah. Tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi batang misalnya kentang dan ubi jalar
kentang
kentang

b. Umbi Lapis
Umbi lapis merupakan bagian pelepah daun yang memiliki susunan berlapis-lapis. Umbi lapis terdiri atas daun yang tumbuh melapisi batang dan membengkak di dalam tanah. Pada bagian ketiak daun, terdapat tunas. Tunas akan tumbuh membesar sehingga membentuk siung. Siung dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru. Tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi lapis misalnya bawah dan bunga bakung.

bunga bakung
Umbi Lapis : Bunga Bakung

bawang merah

Umbi Lapis Bawang Merah

c. Umbi Akar
Umbi akar merupakan akar yang membesar dan berisi cadangan makanan. Jika umbi akar ditanam dengan pangkal batang, tunas akan tumbuh dari pangkal batang. Tunas tersebut akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi akar misalnya wortel dan ketela pohon.

singkong
Singkong : Umbi Akar

WORTEL
Wortel : Umbi Akar

Menentukan Perkembangbiakan Vegetatif Alami pada Tumbuhan dan Manfaat Perkembangbiakan Vegetatif

Kita sudah belajar perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan. Tumbuhan di sekitar kita dapat mengalami  perkembangbiakan yang berbeda. Ayo, kita simak contoh tumbuhan di sekitar dan cara perkembangbiakannya pada tebel berikut.

perkembangbiakan vegetatif

perkembangbiakan vegetatif

BAHASA INDONESIA

Menentukan Gagasan Pokok dari Teks Laporan Hasil Pengamatan

Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah belajar cara menentukan gagasan pokok pada teks tertulis. Kali ini, kita akan kembali menentukan gagasan pokok dari teks laporan pengamatan. 
Sebelumnya kita simak teks laporan hasil pengamatan berikut:

keanekaragaman jenis tanaman di Indonesia
Nah, kita sudah menyimak teks laporan hasil pengmatan yang berjudul keanekaragaman Jenis Tanaman di Indonesia. Setelah menyimak kita mendapatkan informasi penting tentang perbedaan jenis tanaman di suatu daerah. Kita dapat menuliskan gagasan pokok dari setiap paragraf pada teks tersebut. Agar lebih mudah dipahami, kita dapat menuliskannya dalam bentuk peta pikiran seperti berikut.

PITA PIKIRAN GAGASAN POKOK

peta pikiran gagasan pokok

Nah sudah paham pelajaran kita hari ini?
Jika belum kamu bisa mengulangnya kembali dari atas ya.

saatnya mengerjakan LKPD 3



Terimkasih pembelajaran hari ini
sampai jumpa lagi di Pembelajaran 4 esok hari



Jangan sampai ketinggalan materi pembelajaran terbaru dari kami ya
gabung grub kami di

No comments:

Post a Comment