Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Saturday 16 February 2019

6 Strategi Pembelajaran yang Efektif untuk Pembelajaran Lebih Mendalam

6 Strategi Kuat Untuk Pembelajaran Lebih Mendalam Di Kelas Anda

6 strategi pembelajaran efektif
Oleh: Dr. Monica R. Martinez

1. Hubungkan: Buat Komunitas Pembelajaran

Pengembangan komunitas sekolah yang kuat sangat penting bagi siswa untuk berkembang dari memainkan peran pasif dalam pendidikan mereka menjadi pelajar yang aktif dan mandiri. Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang lebih kohesif, benar-benar kolaboratif, memadukan dukungan dan kepercayaan dengan harapan tinggi dan tanggung jawab kolektif untuk belajar.

Berikut adalah beberapa cara untuk membangun komunitas belajar yang kuat: menginspirasi siswa untuk peduli tentang kesuksesan satu sama lain; re-orientasi siswa ke nilai pembelajaran dan pengarahan diri sendiri melalui berbagai kegiatan sekolah, pesan, dan ritual; melibatkan siswa yang lebih tua sebagai mentor, model, dan panduan; menetapkan norma-norma untuk umpan balik pembelajaran yang konstruktif dan refleksi, dan merancang bangunan untuk mencerminkan lingkungan yang mempromosikan keterbukaan dan kolaborasi.

2. Memberdayakan: Mengaktifkan Siswa untuk Memimpin Pembelajaran Mereka Sendiri

Pengalaman pendidikan yang aktif dan bermakna sangat penting dalam membantu siswa mencapai tujuan Pembelajaran Lebih Dalam. Baik itu merancang aplikasi, mengorganisir perwakilan “pemilihan mock” dari proses pemilihan, atau menghasilkan listrik dengan membangun turbin angin, sekolah-sekolah yang menganut tujuan Deeper Learning menekankan pada pembelajaran berbasis inkuiri dan menjaga agar siswa bekerja secara aktif dan produktif dalam kelompok untuk buat produk atau untuk memecahkan masalah bersama. Guru harus terus-menerus mengubah peran, dari desain kurikulum ke memberi nasihat ke pembinaan ke jejaring, dan sebagainya.

3. Kontekstual: Gunakan Tema Manusia

Bukti mendukung fakta bahwa pembelajaran menjadi lebih bermakna — dengan pemahaman materi yang lebih mendalam ketika materi relevan secara pribadi dan subjek diintegrasikan. Subjek tidak diajarkan secara terpisah dan sebaliknya pembelajaran terhubung ke tema yang lebih besar, konsep dan di berbagai mata pelajaran dan menerapkan pembelajaran mereka untuk masalah dan masalah dunia nyata.

Seperti Susan McCray, seorang guru dari SMA Casco Bay menyatakan, “Semuanya terkait. Semuanya penting, dan kita semua bekerja sepanjang waktu untuk membantu mereka [siswa] melihat koneksi. ”Ini dapat mencakup unit sembilan bulan yang menggabungkan humaniora, kimia, atau kursus dapat dihubungkan secara triwulanan dengan“ tema ”seperti demokrasi atau keberlanjutan.

4. Jangkauan: Jaringan Melampaui Dinding Sekolah

Mencapai di luar tembok kelas membantu memberikan siswa pengalaman belajar yang lebih holistik. Sebagai penggiat jejaring yang sempurna, guru mencari peluang bagi siswa mereka dan memanfaatkan sumber daya lokal seperti museum dan perusahaan yang sesuai dengan filosofi pembelajaran sekolah serta minat dan proyek siswa, menghasilkan jaringan dukungan dan pembelajaran yang luas bagi siswa, dan membantu mereka menjelajahi jalur karier potensial melalui magang atau mentorhip.

5. Inspire: Personalisasikan Pembelajaran

Menemukan percikan — subjek, gagasan, atau proyek yang membuat seorang siswa menyala — adalah kunci bagi pengalaman belajar yang dipersonalisasi bagi setiap siswa. Untuk menyesuaikan pembelajaran agar memenuhi kebutuhan dan aspirasi pendidikan masing-masing siswa, guru harus mencari dan mengembangkan pengetahuan yang seimbang tentang kecenderungan, keadaan, dan minat unik setiap siswa melalui proses formal (penasehat) dan proses informal (termasuk percakapan santai, wawasan dari orang tua atau guru lain) artinya.

6. Teknologi: Jadikan Teknologi Pelayan, Bukan Tuan

Deeper Learning menggabungkan teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan, bukan pembelajaran otomatis. Ini terjadi dalam beberapa cara, di antaranya menggunakan program dan aplikasi yang membangun penelitian siswa dan keterampilan berpikir kritis, menawarkan metode digital untuk merancang proyek, berkolaborasi dan berkomunikasi di dalam dan di luar sekolah, dan memperluas pilihan siswa untuk menyajikan pekerjaan secara kreatif dan menghubungkan dengan banyak ahli. Dalam semua kasus ini, teknologi digunakan sebagai alat untuk mendorong pembelajaran siswa.

Dr. Monica R. Martinez is a leading education strategist, author, presenter, and Appointee by President Obama to the President’s Advisory Commission on Educational Excellence for Hispanics. She, along with education sociologist Dennis McGrath, is the author of Deeper Learning: How Eight Innovative Public Schools Are Transforming Education in the Twenty-First Century; image attribution wikicommonsmedia; 6 Powerful Strategies For Deeper Learning In Your Classroom

Pembelajaran Efektif dan Mendalam menjadi isu pendidikan abad 21. Guru harus mampu menggunakan berbagai strategi dalam pembelajaran.

Artikel asli diambil dari : www.teachthought.com

1 comment:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete