Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Monday 22 September 2014

Orientasi Bimbingan dan Konseling

1. Orientasi Perseorangan
            Orientasi perseorangan bimbingan dan konseling menghendaki agar konselor menitikberatkan pandangan pada siswa secara individual. Namun  pemusatan perhatian terhadap individu itu sama sekalali tidak berarti mengabaikan kepentingan kelompok, dalam hal ini kepentingan kelompok diletakan dalam kaitannya dengan hubungan timbal balik yang wajar antar individu dan kelompoknya.
Sejumlah kaidah yang berhubungan dengan orientasi perorangan dalam bimbingan dan konseling, yaitu:
1.      BK diarahkan bagi perwujudan diri sendiri setiap individu
2.      Pelayanan BK meliputi kegiatan untuk memenuhi kebutuhan motivasi dan kemampuan tiap individu agar optimal dan  dapat di manfaatkan
3.      Setiap klien harus diterima sebagai individu dan harus ditangani secara individual
4.      Konselor bertanggung jawab untuk memahami minat, kemampuan dan perasaan klien serta untuk menyesuaikan program – program pelayanan dengan kebutuhan klien setepat mungkin


2. Orientasi Perkembangan
Orientasi perkembangan dalam BK lebih menekankan pentingnya peranan perkembangan yang terjadi pada saat ini dan yang akan terjadi pada diri individu di masa yang akan datang. Keseluruhan proses perkembangan itu menjadi perhatian BK.
Dalam perkembangannya anak-anak berkemungkinan mengalami hambatan perkembangan kognisi dalam empat bentuk :
  1. Hambatan egosentrisme , yaitu ketidakmampuan melihat kemungkinan lain di luar apa yang dipahaminya.
  2. Hambatan konsentrasi , yaitu ketidakmampuan untuk memusatkan perhatian pada lebih darii satu aspek tentang semua hal.
  3. Hambatan reversibilitas , yaitu ketidakmampuan menelusuri alur yang terbalik dari alur yang di pahami semula.
  4. Hambatan transformasi , yaitu ketidakmampuan meletakan sesuatu pada susunan urutan yang di tetapkan.

3. Orientasi Permasalahan

Orientasi masalah secara langsung bersangkut paut dengan fungsi pencegahan, fungsi pengentasan, fungsi pemahaman dan fungsi pemeliharaan atau pengembangan pada dasarnya juga bersangkut paut dengan permasalahan pada diri klien. 

No comments:

Post a Comment