Hai Selamat Datang Sobat SD Nusa. Bapak/Ibu Guru serta teman-teman Guru Muda Indonesia. Selamat Membaca Tulisan-tulisan kami ya!
Mencari RPP Tematik SD?, kunjungi menu "RPP Tematik SD" pilih RPP sesuai tingkatan kelas, Tema dan Pembelajaranya
 
 
 
 
KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) REVISI
TAKSONOMI BLOOM
1.)    Ranah
Kognitif 
(ANDERSON, L.W. dan Krathwohl, D.R.
: 2001)
| 
   
Taksonomi Bloom Lama 
 | 
  
   
C1 
(Pengrtahuan) 
 | 
  
   
C2 
(Pemahaman) 
 | 
  
   
C3 
(Aplikasi) 
 | 
  
   
C4 
(Analisis) 
 | 
  
   
C5 
(Sintesis) 
 | 
  
   
C6 
(Evaluasi) 
 | 
 
| 
   
Taksonomi Bloom Revisi 
 | 
  
   
C1 
(Mengingat) 
 | 
  
   
C2 
(Memahami) 
 | 
  
   
C3 
(Mengaplikasikan) 
 | 
  
   
C4 
(Menganalisis) 
 | 
  
   
C5 
(Menevaluasi) 
 | 
  
   
C6 
(Mencipta) 
 | 
 
| 
   
Mengingat 
(remember) 
 | 
  
   
Memahami 
(Understad) 
 | 
  
   
Mengaplikasikan 
Apply) 
 | 
  
   
Menganalisis 
(Analyze) 
 | 
  
   
Mengevaluasi 
(Evaluate) 
 | 
  
   
Mencipta 
(Create) 
 | 
 
| 
   
Mengutip 
Menebitkan 
Menjelaskan 
Memasagkan 
Membaca 
Menamai 
Meninjau 
Mentabulasi 
Memberi kode 
Menulis 
Menytakan 
Menunjukkan 
Mendaftar 
Menggambar 
Membilang 
Mengidentifikasi 
Menghafal 
Mencatat 
Meniru  
 | 
  
   
Memperkirakan 
Menceritajan 
Merinci 
Megubah 
Memperluas 
Menjabarkan 
Mnconthkan 
Mengemukakan 
Menggali 
Mengubah 
Menghitung 
Menguraikan 
Mempertahankan 
Mngartikan 
Menerangkan 
Menafsirkan 
Memprediksi 
Melaporkan 
membedakan 
 | 
  
   
Mengaskan 
Menentukan 
Menerapkan 
Memodifikasi 
Membangun 
Mencegah 
Melatih 
Menyelidiki 
Memproses 
Memecahkan 
Melakukan 
Mensimulasikan 
Mengurutkan 
Membiasakan 
Mengklasifikasi 
Menyesuaikan 
Menjalankan 
Mengoperasikan 
Meramalkan  
 | 
  
   
Memecahkan 
Menegaskan 
Meganalisis 
Menimpulkan 
Menjelajah 
Mengaitkan 
Mentransfer 
Mengedit 
Menemukan 
Menyeleksi 
Mengoreksi 
Mendeteksi 
Menelaah 
Mengukur 
Membangunkan 
Merasionalkan 
Mendiagnosis 
Memfokuskan 
Memadukan  
 | 
  
   
Membandingkan 
Menilai 
Mengarahkan 
Mengukur 
Meangkum 
Mendukung 
Memilih 
Memproyeksikan 
Mengkritik 
Mengarahkan 
Memutukan 
Memisahkan 
menimbang 
 | 
  
   
Mengumpulkan 
Mengatur 
Erancang 
Membuat 
Merearasi 
Memperjelas 
Mengarang 
Menyususn 
Mengode 
Mengkombinasikan 
Memfasilitasi 
Mengkonstruksi 
Merumuskan 
Menghubungkan 
Menciptakan 
menampilkan 
 | 
 
2.)    Ranah
Afektif
| 
   
A1 
Menerima 
 | 
  
   
A2 
Merspon 
 | 
  
   
A3 
Menghargai 
 | 
  
   
A4 
Mngorganisaikan 
 | 
  
   
A5 
Karakterisasi Menurut Nilai 
 | 
 
| 
   
Mengikuti 
Menganut 
Mematuhi 
Meminati  
 | 
  
   
Menyenangi 
Menyambut 
Mendukung 
Maporkan 
Memilih 
Menampilkan 
Menyetujui 
Mengatakan  
 | 
  
   
Mengsumsikan 
Meykinkan 
Memperjelas 
Menekankan 
Menyumbang 
Mengimani 
 | 
  
   
Mengubah 
Menata 
Membangun 
Membentuk pendapat 
Memadukan 
Mengelola 
Merembuk 
Menegoisasi  
 | 
  
   
Membiasakan 
Mengubah perilaku 
Berakhlak mulia 
Melayani 
Membuktikan 
Memecahkan  
 | 
 
3.)    Ranah
Psikomotorik
| 
   
P1 
Meniru
   
 | 
  
   
P2 
Manipulasi
   
 | 
  
   
P3 
Presisi
   
 | 
  
   
P4 
Artikulasi 
 | 
  
   
P5 
Naturalisasi 
 | 
 
| 
   
 Menyalin 
Mengikuti 
Mereplikasi 
Mengulangi 
Mematuhi  
 | 
  
   
Kembali membuat 
Membangun 
Melakukan 
Melaksanakan 
Menerapkan   
 | 
  
   
Menunjukkan 
Melengapi 
Menyempurnakan 
Mengkalibrasi 
Mengendalikan  
 | 
  
   
Membangun 
Mengatasi 
Menggabungkan 
Beradaptasi 
Memodifikasi 
Merumuskan   
 | 
  
   
Mendesain 
Menentukan 
Mengelola  
 | 
 
No comments:
Post a Comment