Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Wednesday 22 July 2020

KELAS NUSA : BELAJAR ONLINE TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6

Hai Selamat Datang Sobat SD Nusa. Bapak/Ibu Guru serta teman-teman Guru Muda Indonesia. Selamat Membaca Tulisan-tulisan kami ya!


KELAS NUSA
BELAJAR ONLINE


TEMA 1
SUBTEMA 1
PEMBELAJARAN 6


makanan sumber gizi

Sudah siap belajar hari ini?
Yuk Siapkan alat tulisnya ya
lebih baik kamu punya catatan sendiri di bukumu supaya kamu mudah memahami materinya dan sewaktu-waktu kamu bisa mengulang lagi pelajaran hari ini supaya lebih paham

Siap kita mulai ya
kita akan belajar di Pembelajaran 

pembelajaran 6

pembelajaran 6

lanjut ya

BAHASA INDONESIA

Menentukan Kesimpulan Paragraf dari Teks Laporan Hasil Pengamatan

Teks laporan hasil pengamatan biasanya memuat gagasan pokok dan kesimpulan. Gagasan pokok dan kesimpulan tersebut bisa kita tentukan pada setiap paragraf. Kali ini, kita akan kembali menentukan gagasan pokok dan kesimpulan paragraf dari teks laporan hasil pengamatan. Sebelumnya, kita baca teks laporan hasil pengalaman berikut dengan seksama.

Tumbuhan Sumber Gizi Penting bagi Manusia

Tumbuhan Sumber Gizi Penting bagi Manusia

Kita sudah membaca teks Tumbuhan Sumber Gizi Penting bagi Manusia. Teks laporan hasil pengamatan tersebut memuat beberapa informasi si penting. Kita dapat menuliskan gagasan pokok paragraf dari teks. Kita juga dapat menuliskan kesimpulan setiap paragraf. Kita dapat menuliskannya dalam bentuk tabel seperti berikut.

gagasan pokok paragraf

gagasan pokok paragraf

Menentukan Kesimpulan Teks Laporan Hasil Pengamatan

Kita sudah menentukan gagasan pokok dan kesimpulan paragraf dari teks laporan hasil pengamatan. Berdasarkan gagasan pokok dan kesimpulan paragraf tersebut, kita dapat menentukan kesimpulan dari keseluruhan teks. Kita tuliskan kesimpulan teks dengan kalimat sendiri. Kita gunakan bahasa baku dan kalimat yang mudah dipahami. Kita perhatikan pula ejaan yang tepat saat menuliskan kesimpulan. Kita bisa menuliskannya seperti contoh berikut.

kesimpulan paragraf


PPKN

Kerjasama sebagai Penerapan Sila Ketiga Pancasila


Kita sudah mempelajari bahwa tumbuhan penting bagi kebituhan. Oleh karena itu, keberadaan tumbuhan harus selalu dijaga. Menjaga tumbuhan tidak bisa dilakukan sendiri. Kerja sama dengan orang lain sangat dibutuhkan untuk menjaga tumbuhan di sekitar kita.

Kerjasama merupakan wujud pengalaman sila ketiga Pancasila. Kerjasama dapat kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari, terutama kerjasama untuk kebaikan. Kita dapat mencontoh Uni yang bekerja sama merawat kebun sekolah. Uni menuliskan pengalamannya bekerjasama merawat kebun sekolah dalam sebuah cerita. Ayo, kita perhatikan cerita pengalaman Uni bekerja sama berikut.

teks sekar
teks sekar

Rencana Penerapan Sila Ketiga Pancasila di Sekolah

Kita bisa membuat rencana penerapan sila ketiga di sekolah. Misalnya rencana bekerja sama untuk merawat lingkungan sekolah. Saat bekerjasama,  kita lakukan pembagian tugas agar pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat selesai. Mari kita perhatikan contoh rencana kerja sama yang telah dibuat Uni berikut.


rencana Penerapan Sila Ketiga

Nah sampai disini pelajaran pada hari ini ya,
terimakasih sudah megikuti pelajaran hari ini dengan baik

saatnya mengerjakan LKPD 6



kamu bisa mengulang kembali materi - materi pembelajaran sebelumnya dari awal ya
Pembelajaran 1 : gg.gg/KELASNUSA1
Pembelajaran 2 : gg.gg/KelasNusa2
Pembelajaran 3 : gg.gg/KELASNUSA3
Pembelajaran 4 : gg.gg/KELASNUSA4
Pembelajarran 5 : gg.gg/KELASNUSA5

share ke teman-temanmu ya!
supaya KELAS NUSA bisa semakin menyebar luas
hehe



sampai jumpa di SUBTEMA 2

salam 

BELAJAR ONLINE - KELAS NUSA

Jangan sampai ketinggalan materi pembelajaran terbaru dari kami ya
gabung grub kami di




No comments:

Post a Comment