Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Sunday 14 April 2013

Belajar menjadi Seorang Pemimpin

Alasan mengapa aku menulis ini adalah waktu itu tanpa disengaja dalam sebuah Kongres Mahasiswa dalam sebuah Laporan Pertanggung Jawaban. Aku membaca sedikit sebuah kalimat yang isinya adalah :



حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَلَا كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ فَالْأَمِيرُ الَّذِي عَلَى النَّاسِ رَاعٍ عَلَيْهِمْ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى بَيْتِ بَعْلِهَا وَوَلَدِهِ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْهُمْ وَالْعَبْدُ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُ فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
Ibn umar r.a berkata : saya telah mendengar rasulullah saw bersabda : setiap orang adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannnya. Seorang kepala negara akan diminta pertanggungjawaban perihal rakyat yang dipimpinnya. Seorang suami akan ditanya perihal keluarga yang dipimpinnya. Seorang isteri yang memelihara rumah tangga suaminya akan ditanya perihal tanggungjawab dan tugasnya. Bahkan seorang pembantu/pekerja rumah tangga yang bertugas memelihara barang milik majikannya juga akan ditanya dari hal yang dipimpinnya. Dan kamu sekalian pemimpin dan akan ditanya (diminta pertanggungan jawab) darihal hal yang dipimpinnya. (buchary, muslim)

 Sepulang dari Kongres itu pikiranku terus terngiang-ngiang dengan hadits itu. Begitu banyak islam mengajarkan dan mencontohkan tentang kepemimpinan contoh kecilnya kita ambil saja dalam sholat.

Pikiranku menerawang jauh, benar juga bahwa setiap dari kita adalah pemimpin apalagi saya sebagai seorang laki-laki yang nantinya akan memimpin sebuah bahtera keluarga. Kemana bahtera ini akan berlayar ya tergantung pemimpinya. 

Senantiasa bersikap selayaknya pemimpin...
Meskipun kita bukan sebagai Ketua dalam sebuah Organisasi, ataupun Ketua apapun. Tapi sikap sebagai seorang pemimpin harus selalu kita perlihatkan. Karena setiap hal ataupun masalah  membutuhkan seorang pemimpin yang bia mengaturnya dan menyelesaikannya. Setiap hall.....kamu bisa temukan sendiri dihidup kalian.
Mereka pemimpin yang menginspirasi saya..
Dalam perjalanan saya kesini banyak orang-orang yang menginspirasi saya tentang kepemimpinannya. Dia yang dulu pusing mengatur saya dan teman-teman saya sebagai anggotanya. Dia yang menciptakan suasana kekeluargaan.

Henry Saputra : Komandan Passus Periode -
Komandan, Komandan I dan II, Passus SMA 1 Pekalongan
Mungkin tidak bisa aku menceritakan detil cerita selama mereke-mereka menjadi seorang pemimpin, karena cerita itu menjadi pengalaman hidup tersendiri untuk mereka. Semangat Kawann!!

No comments:

Post a Comment